Loading...

Minggu, 16 September 2012

Backpacker to Bali

Ketika liburan kuliah saya bersama teman-teman backpackeran ke bali . awalnya kami hanya iseng – iseng rencana ingin liburan kebali dan akhirnya kami memutuskan liburan ke bali dengan cara backpacker . Singkat cerita akhirnya kami 10 orang pun berangkat setelah memesan tiket kereta dari Jakarta kota .
Hari kamis tepatnya kami akhirnya berangkat juga . Kami mulai dari Stasiun Jakarta kota menunggu kereta api GAYA BARU MALAM ke Surabaya , setelah menunggu beberapa lama akhirnya kereta pun tiba di stasiun kami semua bergegas naik ke kereta api gaya baru malam itu dan tepat pukul 12:00 kereta kami berangkat menuju ke Surabaya . Singkat cerita kami sampai di stasiun Surabaya gubeng pukul 02:40 WIB karena masih amat pagi kami istirahat (tidur,mandi dll) diruang tunggu stasiun sambil menunggu kereta terusan KA SRI TANJUNG menuju stasiun BANYUWANGI BARU yg berangkat dari Surabaya gubeng pukul 14:00 . dipikir pikir lama banget ya nunggu dari jam 2 pagi sampe jam 2 siang ,??? Ga terasa menunggu waktu sudah jam 1 siang berarti sebentar lagi kereta sri tanjung akan tiba dan pada saat jam 2 tepat kereta pun datang dan kami pun segera naik kereta menuju stasiun banyuwangi baru . Pada saat di perjalan kira2 stengah perjalanan kereta kami ditimpuki batu dari luar dan kursi yg di tempati bicar , rafik , aldy , Ervin kacanya kena tepat lemparan batu itu , untungnya Cuma retak saja . singkat cerita kami tiba di stasiun banyuwangi baru pukul 9 malam . Di stasiun banyuwangi baru kami istirahat sebentar foto2 lalu bergegas jalan kaki menu pelabuhan ketapang . kenapa jalan kaki ?? karena pelabuhan ketapang dari st.banyuwangi baru cukup dekat . keluar stasiun langsung ke kanan ga jauh dari stasiun sudah jelas pelabuhan ketapang untuk nyebrang ke pelabuhan gilimanuk (Bali) .
di pelabuhan ketapang kami bertemu backpacker yg ingin menyebrang juga ke bali . kami pun bareng dengan rombongan itu menuju kapal . tiket penyebrangan kapal ferry hanya Rp6000 saja . Penyebrangan dari Pelabuhan ketapang menuju Pelabuhan gilimanuk (BALI) memakan waktu 30-45 menit . kapal kami berangkat dari ketapang kira2 pukul setengah 11 malam dan sampai di gilimanuk jam 11an . oh ya ada tips jika sudah sampai gilimanuk hati2 sama calo2 bus di terminal nya . dari gilimanuk ke denpasar kami naik mini bus dari terminal gilimanuk dengan ongkos 20-30rb pinter pinteran kalian nawarnya ya jangan sampai ketipu calo . singkat cerita sampailah kami di terminal denpasar setelah menempuh perjalanan dari gilimanuk kira2 3jam perjalanan . dari terminal denpasar kami nyarter angkot 12rb/org menuju Gg.poppies 2 yg disana banyak penginapan2 murah . sampailah kami di Gg.Poppies 2 lalu kami muter2 mencari penginapan , hamper nyerah kami muter sana muter sini mencari penginepan tak kunjung dapat , akhirnya ada warga gg.poppies yg baik hati menawarkan kami penginepan yg sangat murah di daerah situ , kami pun ketemu dengan pemilik penginapan dia mengasih harga 120rb/kamar untuk kapasitas 2 orang dan 150rb/kamar untuk kapasitas 3orang.
Biaya Transportasi :
tiket kereta api :
KA . Gaya Baru Malam” ekonomi :
dari Jakarta Kota (12.00 WIB) – Surabaya Gubeng (03.30 WIB) = Rp33000
dari Surabaya Gubeng (02:00WIB) – Jakarta Kota (07:30WIB) = Rp33000
“KA Sri Tanjung” ekonomi :
Surabaya Gubeng (13:50 WIB) – Banyuwangi Baru (21:08 WIB) = Rp30000
Banyuwangi Baru (06:00 WIB) – Surabaya Gubeng (13:00 WIB) = Rp30000
penyebrangan kapal ferry dari ketapang – gilimanuk Rp6000
Bus tanggung menuju denpasar 20-30rb
Sewa angkot dari denpasar menuju Gg.Poppies 10-20rb (kalu rombongan harus berani nawar)
biaya penginepan untuk 10 orang 270rb/orang (6hari 5malam)
Sewa mobil APV 400rb (2hari) kalau sehari bisa kena 300rb
demikian pengalam saya backpacker ke bali bagi yg ingin tanya2 silahkan komentar saja
terimakasih
Demikian pengalaman saya backpacker ke bali

12 komentar:

  1. terimakasih infonya menarik sekali

    mau tanya dung
    itu dr gilimanuk nya ke terminal dekat ya?
    trus naik bus tanggung itu kira2 namanya apa ya?
    apa penginapan murah hanya ada di gg poppies
    trus aman ga ya klo mw ke bali backpackeran hanya berdua saja?

    ditunggu jawabannya
    thx

    BalasHapus
  2. maaf gan baru buka blog

    di pelabuhan giliminuk itu sudah ada terminalnya angkutan ,

    saya kurang tau nama bus nya apa , banyak kok yg ke arah denpasar
    sering banyak calo2 yg menawarkan bus2 ke arah denpasar

    * sekedar tips jika ada calo yg menawarkan bus ke arah denpasar sebaiknya nego harga terlebih dahulu di bawah sebelum naik k'bus tersebut

    penginapan murah rata2 di gg poppies gan
    jangan segan2 buat nanya2 disana , org bali baik2 gan ramah2 pula

    agan mau sendiri , berdua / rombongan pun dijamin aman dibali asal selalu waspada aja , ya namanya apes kitakan mana tau :D


    BalasHapus
  3. Pengalaman yg berharga.. makasih udah sharing.. rencananya sy juga mau backpacker ke bali tgl. 6 juni 2013 pas libur krj.. mudah2àn terlaksana.. sekali seumur hidup jalan2 jauh dan ke bali pula.. kl ada yg mau bàrng boleh jadi ada tmn ngobrol.. arma20031@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih .. gimana apa sudah kesampean backpacer ke bali . .kesannya gimana ??

      Hapus
  4. mas, saya liat pengalaman backpacker ke bali, dan ada 2 alternatif dari Jakarta. yaitu ke Surabaya dan Yogjakarta (lempuyangan).
    baiknya saya kemana ya?
    Jakarta-Surabaya atau Jakarta-Yogjakarta?

    insya allah saya mau backpacker ke Bali tanggal 11 Agustus, jadi mohon infonya yaaa :)

    Thanks and Regards,
    Mia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baiknya langsung jakarta surabaya aja kak , nanti dari surabaya tinggal nyambung lagi dengan kreta ke banyuwangi ,,, kalo bisa mesen tiket kretanya sekalian dari jakarta semua , soalnya tiket kreta sudah ga bisa beli dadakan di hari H

      klo kakanya ngambil jakarta jogja ada dua options ,,
      1, lanjut perjalanan dengan bus dari jogja-surabaya / jogja - bali .
      2. lanjut kereta lagi jogja - surabaya dan nyambung lagi surabaya-banyuwangi ...

      Hapus
  5. kira kira badgetnya semua brp ya ka? soalnya liburan UAS saya tmn2 mau bckpacker ke bali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk badjet sih saya 6hari 500rb udah sama penginapan dan makan sederhana serta beli oleh2 ,, dianjurkan jangan bawa duit ngepas baiknya bawa lebih untuk jaga-jaga

      Hapus
  6. Hi ga, saya mau tanya jarak psr. Turi ke psr. Gubengv itu jauh ga ya?
    Trz saya dapat info dari KA untuk kereta api ada yg langsung k denpasar, itu benar tdk y? Saya jd bingung. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. psr. turi ke psr.gubeng jaraknya lumayan ka .. untuk KA yang langsung ke denpasar saya kira gak ada deh ka ,, setau saya kalau mau kebali itu kereta cuma sampe st.Banyuwangi .. dr setasiun nyebrang naik kapal ferry ..

      Hapus
  7. Baca pengalaman seru ane backpackeran ke Bali gan...
    http://aughes.blogspot.com/2014/05/backpackeran-ke-bali-9-12-mei-2014-1.html

    BalasHapus