Rabu, 13 Maret 2013

TUGAS 1 _ B.INDONESIA 2

1. PENALARAN :
Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian.
2. DEDUKTIF :
- Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragaraf dan dilengkapi dengan kalimat penjelas sebagai pelengkapnya.
contoh paragraf DEDUKTIF :
- Menjaga kebersihan lingkungan sangat penting bagi kesehatan kita . Dengan lingkungan yang bersih hidup pasti akan terasa sehat dan nyaman. Bayangkan jika lingkungan kita sehari-harinya kotor, banyak sampah berserakan dan kumuh , otomatis hal ini akan membuat kita rentan terserang penyakit yang dapat mengganggu aktifitas kita sehari-harinya.
Ciri-ciri :
- Kalimat utama ada di awal paragraf
- kalimat disusun dari pernyataan umum yang lantas disusul dengan penjelasan
3. INDUKTIF :
- Paragraf induktif adalah adalah paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus di atas.
Contoh paragraf INDUKTIF :
- Setiap hari Abo selalu pulang malam. Sekitar jam 20.00. Sangat tak masuk akal jika seorang pelajar pulang malam. Diapun tak pernah belajar. Hidupnya selalu di penuhi dengan gemerlapnya dunia. Tak ada kata susah didalam pikirannya. Maka dari itu sangart wajar sekali jika Abo tidak naik kelas.
Ciri-ciri :
- Terlebih dahulu menyebutkan peristiwa-peristiwa khusus
- Kemudian, menarik kesimpulan berdasarkan peristiwa-peristiwa khusus
- Kesimpulan terdapat di akhir paragraf
SUMBER :
1. http://www.naylacorp.com/2012/09/contoh-paragraf-deduktif.html
2. http://unknown-mboh.blogspot.com/2012/09/paragraf-deduktif-dan-induktif.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar